Minggu, 02 April 2017

Wirausaha - Perencanaan Budidaya Ikan Hias Neon Tetra (Bab Pendahuluan dan Pemasaran)

BAB I
PENDAHULUAN
Latar Belakang
        Neon tetra (Paracheirodon innesi) sebagai salah satu jenis ikan komersial dari golongan tetra. Prospek pasarnya, terutama untuk nasional, cukup bagus. Prospek pasar ini juga didukung oleh masih jarangnya petani ikan hias yang membudidayakannya. Salah satu faktor penyebabnya, kurangnya pengetahuan tentang rasio jumlah pasangan induk yang dipergunakan sebab rasio jenis kelamin dalam pemijahan tiap-tiap spesies ikan berbeda-beda. Hal tersebut terkait dengan penentuan efektifitas jumlah pasangan induk serta efisiensi penggunaan induk. Meskipun demikian, harga pasar yang cukup tinggi dapat mengimbangi tingkat kesulitan tersebut. Melihat prospek ikan hias Neon tetra yang
bagus di pasaran, komoditas ini dapat dijadikan komoditas andalan.
        Ikan hias ini termasuk ke dalam kelompok ikan hias yang paling menarik. Pewarnaan cerah membuat individu ikan terlihat di gelap nya sungai blackwater dan juga merupakan alasan utama untuk popularitasnya di kalangan penggemar ikan hias air tawar tropis. Ikan ini Sangat cocok apabila dijadikan penghias aquascape karena gemerlap warnanya dan karena ikan yang bergerombolan akan bergerak secara bersamaan memutari berbagai tumbuhan di akuarium. Ikan hias ini mudah dipelihara, kuat dan tidak gampang sakit/mati.

Visi dan Misi
Visi:
Menjadi peternak yang konsisten, dan memberikan kualitas ikan yang jauh lebih berkualitas.
Misi:
Budidaya ikan hias neon tetra dengan gaya petani modern
Selalu berusaha meneliti dan konsisten dalam merawat dan mengembangbiakan ikan
Memberi makan ikan dengan gizi dan nutrisi sesuai standar peternakan

Gambaran Usaha
        Usaha yang akan dilakukan ialah membudidayakan Ikan hias Neon Tetra yang masih jarang untuk dibudidayakan. Selain itu, dalam usaha yang akan dijalankan akan ada beberapa inovasi-inovasi baru yang akan kami kembangkan melalui beberapa saran dari para tenaga ahli yang berkompenten dalam bidangnya. Dalam pengelolaannya, usaha ini rencananya akan dikelola secara individu yang dibantu oleh beberapa ahli yang berpengalaman dalam hal budidaya ikan hias. Untuk waktu usaha yang kami jalankan rencananya selambat-lambatnya akan dimulai dalam kurun waktu 1 tahun kedepan. Usaha ini akan dijalankan dengan cara yang sebaik-baiknya serta menjalankan persaingan yang sehat dengan para pembudidaya ikan yang lain bahkan kalau perlu menjalankan usaha kami secara bersama-sama. Dan hal yang paling penting adalah usaha kami masih jarang ditemui di daerah Indonesia karena kurangnya pengetahuan masyarakat pembudidaya ikan hias mengenai hal-hal yang menguntungkan pada usaha budidaya ikan jenis ini. Selain itu, kami akan berinovasi secara terus menerus agar mendapat kualitas ikan yang baik dan sehat serta berkualitas unggul melalui saran dari beberapa tenaga ahli yang berkompeten dalam bidangnya.


BAB II
PASAR DAN PEMASARAN
Gambaran Lingkungan Usaha
        Usaha pembudidayaan ikan hias air tawar Neon Tetra ini merupakan usaha yang sangat menjanjikan. Jika usaha ini berhasil atau sukses dan dapat mencapai tujuan yang kita harapkan, maka kami akan memperbesar usaha ini dengan menambah lahan baru. Selain Indonesia, negara lain yang juga melakukan budi daya ikan tetra hanya China. Sementara permintaan datang dari Prancis, Jerman, Australia, Amerika, Singapura, Malaysia, dan lain sebagainya.
Kondisi Pasar
• Analisis SWOT
Strength (kekuatan):
-Memiliki produk yang memiliki kualitas di atas rata-rata.
-Budi daya ikan neon tetra minim kerugian karena permintaannya selalu ada hampir sepanjang tahun.
-Dari segi risiko masih dapat terkendali. Biasanya ikan mati karena sakit namun jumlahnya tidak seberapa.
Weakness (kelemahan):
-Faktor produksi yang lamban karena alat pemeliharaan ikan-ikan hias maupun memeliharaan kolam sudah ketinggalan jaman bahkan masih dengan alat tradisisonal.
Opportunity (peluang):
-Adanya peluang pasar permintaan terhadap ikan hias cupang yang sangat besar.
-Pesaing antara para pebisnis ikan hias Neon Tetra kurang.
Threat (ancaman):
-Penetapan harga jual secara sepihak oleh pelaku pedang pengumpul dan eksportir.
-Pergantian musim kemarau ke penghujan dan sebaliknya.
• Pasar Sasaran
        Segmen pasar yang dipilih dalam usaha ini adalah masyarakat menengah ke atas. Karena segmen masyarakat menengah ke bawah pada usaha seperti ini tidak banyak sehingga pesaingnya lebih sedikit. Kami menekankan pada masyarakat menengah ke atas dan banyaknya permintaan dari berbagai negara.
• Estimasi Pangsa Pasar
        Indonesia saat ini menduduki peringkat ketiga sebagai negara eksportir ikan hias dunia dengan pangsa pasar sebesar 7,5 persen. Posisi itu di bawah Singapura dan Malaysia yang masing-masing berturut-turut sebesar 22,5 persen dan 11 persen. Ekspor Ikan hias Indonesia pada tahun 2010 telah mencapai US$ 12 juta atau naik dari tahun sebelumnya yang hanya mencapai US$ 10 juta. Pada tahun 2011 target produksi untuk ikan hias sebesar 3 milyar ekor dan mengalami peningkatan terus hingga 8 milyar ekor pada tahun 2014. Para petani ikan tetra di Indonesia saat ini baru dapat memenuhi 20% kebutuhan ikan tetra. Berdasarkan prediksi, pada 2030 angkanya baru mencapai 50%. Selain Indonesia, negara lain yang juga melakukan budi daya ikan tetra hanya China. Sementara permintaan datang dari Prancis, Jerman, Australia, Amerika, Singapura, Malaysia, dan lain sebagainya.

Rencana Pemasaran
• Penetapan Harga
        Harga yang kami tawarkan di sini kami sesuaikan dengan sasaran kami yaitu para masyarkat menengah ke atas. Harga kami sesuaikan dengan kualitas dan berbagai variable lain. Kami akan mengutamakan kualitas ikan, dan tidak hanya berfokus mengambil keuntungan semata.
• Strategi Pemasaran
-Perbaikan harga,
-Perbaikan pemajangan ikan hias Neon Tetra sehingga terlihat lebih menarik
-Memberi jaminan mutu bahwa ikan yang dijual berkualitas baik sehingga konsumen tidak ragu untuk membeli produk yang dijual dan hal ini akan memberi keuntungan bagi pemilik karena konsumen tersebut akan menjadi pelanggan
-Merekomendasikan toko ikan hias tersebut kepada orang lain untuk membeli ikan hias Neon Tetra dengan kualitas yang bagus.
-Melalui ikan-iklan di berbagai media masa cetak maupun elektronik.
• Estimasi Penjualan
        Usaha budidaya ikan hias Neon Tetra ini merupakan usaha yang berbeda dari jenis usaha budidaya lainnya sehingga pesaing di usaha ini masih sedikit.
        Harga jual ikan hias Neon Tetra bervariasi per ekornya. Neon Tetra yang besar dan berkualitas tinggi bisa dibandrol harga tinggi. Neon Tetra berkualitas diperoleh dari indukan yang berkualitas pula. Indukan berkualitas memerlukan modal yang besar untuk pengadaannya. Namun hasilnya biasanya tidak mengecewakan, sebab dalam sekali pijah sudah bisa dirasakan keuntungannya. Jadi, jangan segan-segan mencari indukan berkualitas untuk mendapatkan hasil optimal. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar